Kelajuan, Kecepatan dan Percepatan

Fungsi Kecepatan Dan Percepatan 
        Konsep kecepatan dan percepatan sangat diperlukan untuk menjelaskan gerak semua benda dalam ilmu mekanika. Kelajuan dan percepatan sering diperlakukan seolah-olah mereka bisa saling menggantikan, tetapi sebenarnya Kelajuan adalah ukuran rata-rata gerak benda ke segala arah, sementara kecepatan adalah ukuran gerak di arah tertentu.

      Keduanya bisa diukur dalam satuan yang sama (seperti meter per detik), tetapi kelajuan adalah kuantitas tidak terarah atau vektor. Di sebagian besar situasi, jauh lebih berguna bila kita mengetahui kecepatan suatu benda atau obyek daripada kelajuannya.


Pengertian Percepatan    
Mobil yang sedang menikung
memiliki percepatan

       Percepatan adalah perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Percepatan adalah besaran vektor sehingga percepatan memiliki besaran dan arah. Dengan kata lain, obyek yang membelok, misalnya mobil yang sedang menikung, juga memiliki percepatan.

        Percepatan mengukur rata-rata perubahan kecepatan suatu obyek (dalam satuan seperti meter perdetik). Percepatan terjadi hanya ketika sebuah gaya eksternal diaplikasikan pada obyek, dan dengan bergantung pada arah gaya, bisa menimbulkan penurunan kecepatan atau sering disebut deselerasi, yaitu perubahan arah dan magnitud kecepatan.

            Dalam mekanika klasik, percepatan suatu obyek bermassa tetap berbanding lurus dengan resultan gaya yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massanya.

Jatuhnya buah pohon adalah
contoh percepatan positif

            Percepatan bisa bernilai positif dan negatif. Bila nilai percepatan positif, hal ini menunjukkan bahwa kecepatan benda yang mengalami percepatan positif ini bertambah (dipercepat). 

           Sebaliknya bila negatif, hal ini menunjukkan bahwa kecepatan benda
pengereman mobil adalah
contoh percepatan negatif

menurun (diperlambat). Contoh percepatan positif adalah jatuhnya buah dari pohonnya yang dipengaruhi oleh gravitasi. Sedangkan contoh percepatan negatif adalah proses pengereman mobil. 

Percepatan dapat dirumuskan sebagai berikut
                                           a = v/t
Dimana
a = percepatan (m/s²)
v = kecepatan (m/s)
t =waktu (sekon)

Pengertian Kecepatan
      Kecepatan adalah besaran dalam fisika yang mempunyai satuan meter/sekon, kecepatan dapat diperoleh dari perkalian antara jarak yang ditempuh dengan waktu tempuh, kecepatan dapat dirumuskan sebagai berikut :
                                                           V = s/t
Dimana
V = kecepatan (m/s)
s = jarak tempuh (m)
t = waktu tempuh (sekon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...