Robot Termungil Dari Jepang

              Ingat jepang, ingat robot. Memang para ilmuwan negeri matahari terbit dari dulu gencar menciptakan aneka jenis robot.

             Robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). 

             Istilah robot berawal bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor.

           Para ilmuwan di tokyo dikabarkan berhasil menciptakan robot yang mungkin terkecil di dunia. Panjang nya cuma 10 mm (milimeter) dan beratnya kurang dari setengah gram. Robot mungil itu diciptakan untuk tujuan khusus, misalnya mereparasi peralatan vital di pabrik-pabrik bertenaga nuklir dan panas bumi. 

           Penciptanya berharap, robot yang dapat menyusup di sela-sela kabel ini mampu menginspeksi secara cepat dan memperbaiki kerusakan yang timbul, kendati pabrik sedang beroperasi. Kemampuan ini tentu saja sangat bermanfaat, terutama karena bila menggunakan tenaga manusia akan membahayakan jiwa.

          Para ilmuwan pencipta robot mungil itu sekarang sedang berusaha menambahkan kemampuan lain, sehingga robot tersebut dapat merayap naik dan turun pipa. Mereka juga berencana mengembangkan satu robot yang punya pengggerak dan sensor pendeteksi kerusakan.

              Ide pembuatan robot mini itu sendiri dimulai sejak sepuluh tahun silam dan merupakan proyek bersama antara pemerintah Jepang dan Mitsubishi Electric Corp, Sumimoto Electric Industries, dan Matsushita Research Institute Tokyo. 

             Proyek bersama tersebut menelan anggaran sebesar US$206 juta. "Tapi, pemanfaatan nya secara luas baru bisa terwujud dalam beberapa tahun mendatang," kata juru bicara Kementrian Perdagangan dan Indutri Internasional, Koji Hirose.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...