Pengertian Interferensi

Interferensi adalah interaksi antargelombang di dalam suatu area. Interferensi dapat bersifat membangun dan merusak. Bersifat membangun jika beda fase kedua gelombang sama dengan nol, sehingga gelombang baru yang terbentuk adalah penjumlahan dari kedua gelombang tersebut. Bersifat merusak jika beda fasenya adalah 180 derajat, sehingga kedua gelombang saling menghilangkan.

Ketika kedua gelombang saling berbenturan di medium yang sama, efek kedua gelombang bisa menghilangkan atau memperkuat satu sama lain. Efek ini, dikenal sebagai interferensi, bisa dengan mudah dicontohkan dengan melempar dua batu ke dalam sebuah kolam dan lihatlah pola-pola kompleks yang muncul di area riak-riak gelombang bertemu.

Interferensi gelombang adalah satu contoh dari prinsip fisika yang dikenal sebagai superposition yaitu di setiap titik, amplitudo disturbansi yang dihasilkan oleh dua gelombang yang bertemu pada dasarnya adalah jumlah disturbansi individual kedua gelombang. 

Di mana dua puncak gelombang yang sama bertemu, hasilnya adalah sebuah terusan yang dua kali lebih dalam, Sebaliknya, ketika sebuah puncak dan sebuah terusan sama tetapi tinggi kedua gelombang yang berlawanan bertemu, mereka akan menghilangkan semua disturbansi. Ini adalah fenomena interferensi destruktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...