Pengertian Mekanika Fluida

Apa itu Mekanika Fluida?
Mekanika Fluida adalah cabang dari ilmu fisika yang mempelajari zat fluida (cair, gas, dan plasma) dan gaya yang bekerja padanya. Mekanika fluida berusaha memberi model proses-proses rumit yang berhubungan dengan sifat fluida dan memanfaatkan likuida dan gas. Hal penting yang perlu kita ketahui adalah bahwa hukum-hukum mekanika fluida tersusun dari sejumlah besar atom-atom atau molekul-molekul individual.

Hal Ini mengasumsikan bahwa fluida adalah sebuah struktur tunggal dan bahwa perubahan dari satu bagian ke bagian lainnya berlangsung secara kontinyu. Mekanika fluida sering membuat asumsi lain untuk menyederhanakan model-modelnya. Ini mencakup ide bahwa fluida tidak bisa dikompresi. Sebagian besar benar untuk fluida, tetapi bukan untuk gas.

Fluida mungkin tidak ideal, dengan kata lain, fluida tidak memiliki gaya-gaya friksi internal untuk mencegah fluida berubah bentuk sebagai respon terhadap gaya eksternal yang dikenal sebagai tekanan shear. Dalam praktiknya, hanya superfluida yang benar-benar non-viscous, tetapi fluida ideal masih merupakan model teoritis yang berguna.

Persamaan Mekanika Fluida
Viskositas bersifat analogous terhadap modulus elastisitas material padat. Deformasi fluida atau tekanan shear berubah dengan cepat, jadi lebih berguna bagi kita mengukur rata-rata perubahan tekanan shear. Persamaannya adalah:


Viskositas = tekanan shear/rata-rata perubahan dalam tekanan shear

Koefisien viskositas diukur dalam pascal detik, dan viskositas air pada suhu ruang memiliki nilai 1 milipasdal detik. Secara informal, zat-zat dengan koefisien yang lebih rendah tidak kental. Konsep-konsep ini bisa membantu mengidentifikasi pembagian fluida. 

Dalam fluida "Newtonian", tekanan sebanding dengan rata-rata tekanan di setiap titik, dan koefisien viskositas yang konstan dan bisa diprediksi atau dikalkulasi. Pada fluida "non-Newtonian", viskositas tidak bersifat konstan dan bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya seperti waktu dan rata-rata perubahan tekanan. Saus kecap dan cat adalah contoh fluida non-Newtonian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...