Pengertian Optika

Cahaya serta radiasi yang berkaitan erat dengan cahaya membentuk sebuah kelompok gelombang dengan sifat-sifat unik. Sementara kita tidak bisa mengamati struktur gelombang secara langsung, struktur gelombang secara jelas menunjukkan sifat-sifat seperti gelombang difraksi dan interferensi.

Gelombang transversal adalah gelombang yang bisa melewati medium berbeda dengan mudah, dan karena tidak terbatas pada orientasinya, gelombang transversal bisa menunjukkan kualitas-kualitas menarik seperti polarisasi yang berubah. 

Karena cahaya yang dapat dilihat adalah salah satu dari beberapa bentuk radiasi elektromagnetik yang tidak terhalang oleh atmosfer bumi, mata kita telah berkembang untuk mengumpulkannya dan mentransformasikannya ke dalam sinyal-sinyal syaraf sehingga bisa diproses oleh otak. Hasilnya, kita memiliki cara utama dalam menginterpretasi dunia di sekeliling kita.

Apa itu Optika?Optika berasal dari bahasa latin yang berarti tampilan adalah bidang studi yang didedikasikan untuk studi dan manipulasi cahaya dan radiasi yang berkaitan dengan cahaya. Bidang studi ini mencakup tidak hanya studi sifat-sifat cahaya, tetapi juga memperkuat studi cahaya dalam menciptakan instrumen-instrumen optik sehingga meningkatkan kemampuan alami kita. Optika juga menggambarkan perilaku dan sifat cahaya serta interaksi cahaya dengan materi.

Optik menerangkan dan diwarnai oleh gejala optis. Bidang optika biasanya menggambarkan sifat cahaya tampak, inframerah dan ultraviolet, tetapi karena cahaya adalah gelombang elektromagnetik gejala yang sama juga terjadi di sinar-X, gelombang mikro, gelombang radio, dan bentuk lain dari radiasi elektromagnetik dan juga gejala serupa seperti pada sorotan partikel bermuatan. 

Optik secara umum dapat dianggap sebagai bagian dari ke-elektromagnetan. Beberapa gejala optis bergantung pada sifat kuantum cahaya yang terkait dengan beberapa bidang optika hingga mekanika kuantum. Dalam prakteknya, kebanyakan dari gejala optis dapat dihitung dengan menggunakan sifat elektromagnetik dari cahaya seperti yang dijelaskan oleh persamaan Maxwell.

Bidang optika memiliki identitas, komunitas, dan konferensinya sendiri. Aspek keilmuannya sering disebut ilmu optik atau fisika optik. Aplikasi dari rekayasa optik yang terkait khusus dengan sistem iluminasi disebut rekayasa pencahayaan. Setiap disiplin ilmu cenderung sedikit berbeda dalam aplikasi, keterampilan teknis, fokus, dan afiliasi profesionalnya. Inovasi lebih baru dalam rekayasa optik sering dikategorikan sebagai fotonika atau optoelektronika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...