7 mitos luar angkasa yang wajib kamu ketahui


              Banyak hal tentang luar angkasa yang dipercayai kebenaran padahal hanya Mitos belaka,semakin majunya teknologi maka hal-hal tentang luar angkasa semakin terbuka.

          Bisa kita bayangkan bukan jika bertahun-tahun kemudian atau bahkan berabad-abad kemudian kita akan mengetahui hal-hal tentang luar angkasa.

                 Namun karena kita yang hidup pada abad ini, tentu saja tak mungkin untuk mengetahui nya, tapi tak usah khawatir. Beberapa hal tentang luar angkasa telah terungkap dan telah kami rangkum dalam 7 mitos luar angkasa berikut ini :


1.Suara di luar angkasa

          Bukankah terdengar sedikit konyol? namun itulah berita yang beredar di sekitar lingkungan kita, ntah dari mana asal usul nya tapi banyak orang yang mempercayainya.

              Suara membutuhkan media padat seperti gas yang ada di atmosfer kita,Dan di luar angkasa kita tak bisa menemukan dua molekul udara yang berdekatan. maka hal ini sudah pasti hanyalah mitos belaka


2.Lubang Hitam atau Blackhole

lubang hitam/blackhole
            Sering nonton film tentang lubang hitam? zat yang melahap semua yang ada didekatnya,bahkan sebuah galaksi yang sangat besar sekalipun.Faktanya Lubang Hitam hanya sekuat massanya yang memungkinkan zat ini untuk menjadi.



3.Gravitasi di luar angkasa

para astronot melayan
           Sudah tidak asing lagi kan ngeliat di tv,internet, ataupun media lainnya yang menunjukkan astronot melayang-layang diluar angkasa?

            Kenyatannya, terdapat gaya gravitasi di ruang angkasa, tetapi mengapa astronot yang sedang berada di ruang angkasa terlihat tubuhnya sangat ringan sehingga sampai melayang-layang? Alasannya adalah karena mereka mengorbit bumi. 

                  Tubuh mereka sebenarnya jatuh ke bumi tetapi ada gerakan menyamping yang cukup untuk menahan tubuh mereka tidak jatuh.
Jadi, pada dasarnya mereka selalu jatuh tetapi tidak pernah mendarat. Gaya gravitasi terdapat pada hampir seluruh area ruang angkasa. Pada ketinggian orbit shuttle space (250 mil di atas permukaan bumi), gaya gravitasi hanya berkurang sekitar 10%.

4.Sabuk Asteroid Mematikan
sabuk asteroid
       Tau film The Empire Strikes Back Han Solo? bernavigasi di medan asteroid kacau untuk menyerang Empire? Asteroid-asteroid tersebut begitu padat sehingga pesawat sekalipun harus hati-hati terbang di antaranya, jika tidak ingin terhantam asteroid.

Mengerikan bukan?
          NASA mengatakan kalau kemungkinan bertabrakan dengan asteroid adalah satu dalam sejuta! Sangat kecil kemungkinan pesawat melewati sabuk asteroid akan menabrak asteroid secara acak.

5.Warna Matahari adalah kuning?
warna matahari adalah putih
         Semua orang awam tau bahwa matahari itu kuning, tapi apakah kalian pernah berpikir mengapa bisa terjadi pelangi jika matahari itu kuning?
             Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda.
         Mata manusia sanggup menyerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi:merah,jingga,kuning,hijau,biru,nila dan ungu.

6.Sisi gelap Bulan
sisi gelap bulan
             Bulan punya sisi gelap yang menangkap lebih sedikit sinar matahari daripada kegelapan malam. Ia dingin dan gelap, abadi selamanya. Akibatnya, sisi gelap bulan menjadi lokasi mitos, misteri, dan rasa takut kebudayaan popular.
           Faktanya, tidak ada yang namanya sisi gelap bulan, sama halnya tidak ada yang namanya sisi gelap bumi. Benar memang kalau bulan hanya menampakkan satu sisi wajahnya ke bumi. Sebenarnya, sisi ini mendapatkan jumlah cahaya yang sama, hanya saja pada waktu yang berbeda (malam).

7.Matahari adalah bola api
matahari adalah bola api
              Percaya bahwa matahari adalah sekumpulan api yang sangat panas? kamu salah besar!.
           Matahari ini merupakan bintang yang bersinar dan benda yang sangat panas dari gas yang bercahaya. Panas dari matahari ini dihasilkan dari reaksi nuklir kimia.


         Itulah beberapa mitos yang telah terungkap, berdasarkan sumber yang terpercaya, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Kalau bneran ad si lubang hitam bakal ngeri bngt. Tp cuma mitos kan. Ngerinya kalau bumi ketelen bakal gmn

    BalasHapus

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...