Butir Pil Berkamera

               Sepintas, pil ini tampak biasa. Penampilannya tak beda dengan kebanyakan pil vitamin. Namun, pil bernama M2A Imaging Capsule ini mempunyai keistimewaan, yakni mampu memotret seluk-beluk usus orang yang menelannya, pil canggih ini di pasarkan oleh Given Imaging, sebuah perusahaan obat di amerika.

               Kecerdasan pil bersalut tepung gula itu terjadi lantaran ia dilengkapi kamera. Menumpang pada pil,

kamera tersebut lincah bergerak di antara lipatan-lipatan usus sembari mengirimkan sinyal gambar. walhasil, perdarahan, daging polip, luka infeksi, atau sel kanker pada usus bisa terdeteksi.

               Daya jelajah M2A, menurut Dan Schultz, Direktur Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika, lebih luas dibanding endoskopi atau tabung kamera yang selama ini digunakan untuk mengetahui kondisi usus. "Endoskopi hanya mampu menjangkau usus sampai 6 meter dan lambung," kata Schultz.


               Sementara itu, pil M2A sanggup mengembara dari pangkal sampai ke ujung usus. Sebetulnya, teknologi M2A sederhana. Kamera yang dilengkapi pemancar berbasis frekuensi radio terhubung dengan

penerima sinyal (receiver) yang di lilitkan di pinggang penelan pil.

               Dalam waktu 8-72 jam setelah ditelan, pil M2A akan hancur dan dikeluarkan dari tubuh bersama kotoran. Setelah itu, penelan pil menghubungi dokter untuk menganalisis gambar yang tersimpan dalam receiver.


              Blair News, peneliti di Given Imaging yang juga ilmuwan di Sekolah Kedokteran Mount Sinai, New York, merasa yakin bahwa pil seharga US$ 450 per butir itu berprospek cerah. Apalagi studi awal terhadap 57 orang responden menunjukkan bahwa M2A aman. Meskipun demikian, News mengakui bahwa akurasi kamera di dalam pil masih perlu diuji coba lebih jauh.


              Tak aneh bila Badan Pengawas Obat dan Makanan mengajukan agar M2A tak menjadi satu-

satunya cara untuk mendeteksi kelainan pencernaan. Disamping itu harganya pun relatif mahal pil ini belum dapat diperjual-belikan secara bebas, dan hanya dijual didalam rumah sakit tertentu yang membutuhkan penelitian tentang penyakit apa yang diderita oleh si pasien, dan bagaimana cara penanganan nya.

              Tentu saja pemakaian pil ini memakan waktu yang relatif singkat dapat langsung dianalisi hasilnya. Dengan kata lain "pil ini hanya pelengkap," kata News.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...