Heboh! Robot yang Mampu Membuat Robot Berhasil Diciptakan oleh Para Pakar Komputer

Robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, para pakar komputer berhasil menciptakan
robot yang bisa merancang dan membuat robot lain tanpa bantuan manusia. Demikian kabar yang disiarkan oleh jurnal ilmiah Nature. Adapun pencipta robot itu adalah tim ilmuwan Universitas Brandeis di Waltham, Massachusetts, yakni Dr. Jordan B. Pollack dan Dr. Hod Lipson.


Namun jangan dibayangkan robot ciptaan robot itu dalam arti sesunggguhnya. Hingga saat ini, robot yang dikembangkan dua pakar dalam laboratorium itu masih berupa seperangkat komputer yang dihubungkan dengan suatu mesin, dan baru mampu membuat beberapa moel plastik sederhana.

Ia belum sanggup menciptakan bentuk-bentuk yang kompleks, misalnya robot yang bisa berjalan sendiri. "Hasilnya lebih mirip mainan," kata Dr. Pollack, "tapi sama sekali bukan hasil rekayasa ataupun manufaktur buatan manusia." Sementara itu, Dr. Philip Husbands dan Universitas Sussex Inggris menambahkan bahwa dua karya koleganya itu
merupakan contoh pertama evolumi otomatisasi dari sebuah mesin.

Kata Husband "karya itu merupakan contoh primitif menuju sesuatu yang boleh jadi sangat signifikan." Kelak, teknik yang sama dapat digunakan untuk merancang robot yang bisa menggabungkan komponen-komponen elektronik, membersihkan limbah kimia, atau menyedot debu di rumah.

1 komentar:

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...