Kornea Buatan Untuk Penderita Kerusakan Kornea

               Kornea adalah bagian vital dari mata manusia. Dia merupakan jaringan saraf yang melindungi mata. Di situ pulalah cahaya dari luar ditangkap, diolah menjadi suatu citra, lalu diteruskan ke otak.

               Sayang, tidak semua orang mempunyai kornea yang sehat. Dewasa ini ada jutaaan orang di dunia yang kornea nya rusak karena penyakit ataupun kecelakaan sehingga mengalami gangguan penglihatan atau buta.

                Kini, ada peluang membantu mereka yang kornea nya rusak dengan cangkok kornea buatan.
Kornea Mata
yang Rusak
Kornea buatan ini terbuat dari sel-sel yang sedemikian rupa telah direkayasa secara genetis. Sel-sel ini  lalu "ditumbuhkan" di dalam laboratorium hingga siap dicangkokkan, Kornea rekayasa tim ilmuwan Inggris dan Kanada ini di kabarkan dapat berfingsi seperti kornea asli.

                Tim ilmuwan itu mengungkapkan, walaupun percobaaan mereka berjalan lancar sejauh ini, jalan menuju cangkok kornea buatan
Kornea Buatan
ke dalam mata manusia masih jauh dari kenyataaan. Tim ilmuwan juga belum mengetahui bagaimana efek bagaimana efek kornea buatan tersebut terhadap manusia.

                Sejauh ini, ilmuwan hanya mengetahui bahwa setiap proses transplantasi jaringan asing ke dalam tubuh seorang manusia akan memicu efek penolakan sebagai akibat bereaksinya sistem kekebalan tubuh.

                Professor Colin Kirkness, Wakil Presiden UK Royal College of Opthalmologists, seperti dikutip ABC News, mengatakan, "Di negara saya, ada banyak pasien yang membutuhkan transplantasi kornea tapi karena alasan agama dan budaya jumlah donor yang ada begitu sedikit." Itu sebabnya, kata Kirkness, cangkok kornea buatan ini akan mendatangkan banyak manfaat nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...