10 MACAM GALAKSI TERINDAH DI JAGAD RAYA

Galaksi adalah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu medium antarbintang, dan materi gelap antar komponen yang penting namun belum begitu dimengerti.
Matahari adalah salah satu bintang diantara miliaran bahkan triliunan bintang di jagad raya ini, Galaksi kita bernama Milky Way dalam bahasa inggris atau Bima Sakti dalam bahasa Indonesia. Diantara miliaran bahkan triliunan galaksi di jagad raya, beberapa nya telah terlihat dan tampak sangat indah, berikut kami telah merangkum nya dalam 10 macam galaksi terindah di jagad raya :

1. Sombreno Galaxy
Dikenal juga sebagai M104 atau NGC 4594, adalah sebuah galaksi berbentuk spiral dalam
Galaksi Sombreno
konstelasi Virgo. Galaksi ini memiliki nukleus yang cerah, dengan tonjolan bagian tengah yang tak seperti biasa dan jalur debu mencolok pada cakram melerengnya.

Jalur debu dan tonjolan yang gelap membuat galaksi ini menampakkan sombrero. galaksi ini memiliki magnitudo sekitar +9,0 sehingga membuatnya lebih mudah dilihat dengan bantuan teleskop amatir sekalipun.

Galaksi Mata Hitam
2. Galaksi Black Eye (Mata Hitam)
Galaksi berbentuk spiral dalam konstelasi Coma Bernices, Messier 64, Galaksi "Black Eye" yang sangat terkenal atau sering disebut juga sebagai "Sleeping Beauty Galaxy" memiliki bantalan gelap guna menyerap debu di depan nukleus cerah. Galaksi ini dikenal di kalangan para astronom amatir karena kenampakannya dalam teleskop-teleskop kecil.

3. 2MASX J00482185-2507365 occulting pair (pasangan gaib)
Galaksi 2MASX J00482185-2507365
Merupakan sepasang galaksi berbentuk spiral yang saling melengkapi, ditemukan di sekitar NGC 253, The Sculptor Galaxy. Pasangan galaxy ini menerangi distribusi debu glastis di luar lengan galaksi spiral yang terlihat.

4. The Whirlpool Galaxy
Dikenal juga sebagai Messier 51, m51a, atau NGC 5194, The Whirlpool galaxy merupakan
Galaksi The Whirpool
interaksi galaksi berbentuk spiral dalam desain sangat besar berlokasi sekitar 23 tahun cahaya dalam konstelasi Canes Venatici. Galaksi ini merupakan salah satu galaksi berbentuk spiral yang paling dikenal di angkasa.

The Whirlpool Galaxy sangat mudah diamati oleh para astronom amatir, dan juga menjadi target utama dari kalangan ahli astronomi profesional yang mempelajari tentang pemahaman struktur galaksi selanjutnya.


5. Grand Spiral Galaxy
Galaksi Grand Spiral
Galaxy yang sangat unik ini didominasi oleh jutaan bintang terang dan debu gelap, yang tertangkap dalam pusaran angin gravitasi lengan spiral galaksi yang berotasi di bagian tengahnya. Selain itu, kumpulan terbuka berisi bintang-bintang warna biru terang bisa terlihat menyebar/memercik antara mereka.




6. Supernova 1987A
Dua dekade silam, para ahli astronomi melihat satu bintang
Supernova 1987A
dengan ledakan paling terang selama lebih dari 400 tahun. Sebuah bintang yang mati, dinamakan Supernova 1987 A. Gambar ini menunjukkan seluruh wilayah di sekitar Supernova. Fitur yang sangat menonjol dalam gambar berbentuk sebuah cincin dengan lusinan titik terang.

Gelombang material kejut yang tak terikat oleh ledakan/tiupan/hembasan bintang menghantam ke dalam wilayah di sepanjang area bagian dalam cincin, memanaskannya dan menyebabkannya mengeluarkan cahaya.

7. Galaxy NGC 1512
Galaksi NGC 1512
Sebuah galaksi berbentuk spiral yang bergerak 30 tahun cahaya menjauh dari konstelasi Horologium, Galaxy NGC 1512 yang cukup terang bila dilihat menggunakan teleskop amatir.

Galaksi ini melintas pada 70.000 tahun cahaya, yang mendekati ukuran sebesar galaksi Milky Way atau Bima Sakti.


8. Galaxy NGC 3370
Sebuah galaksi berbentuk spiral yang berdebu berlokasi sejauh
Galaksi NGC 3370
98 juta tahun cahaya terhadap konstelasi Leo, pusat NGC 3370 menunjukkan jalur-jalur debu yang terlukis dan nukleus yang tidak jelas/ belum terpecah secara tidak wajar.

Gambar dari NGC 3370 ini didapat dari Hubble Space Telescope menggunakan Advance Camera untuk kegiatan penyelidikan dan cukup dipertajam untuk mengidentifikasi bintang-bintang variabel Cepheid dalam galaksi tersebut. Bintang-bintang variabel Cepheid digunakan untuk memperkirakan jarak antar galaksi. Dalam tahun 1994, Supernova bertipe 1a meledak pada NGC 3370.

9. M81
M81
Galaksi berukuran besar, berbentuk spiral dan indah bernama Galaksi M81, berada di dalam konstelasi utara Ursa Major, merupakan salah satu galaksi paling terang yang bisa terlihat di angkasa Planet Bumi. Gambar detail yang dahsyat ini menunjukkan nukleos terang yang dimilikinya, lengan spiral besar dan sapuan jalur debu kosmis dengan skala yang bisa disetarakan dengan galaksi Milky Way.



10. Hoag's Object
Sebuah galaksi non-tipikal ini dikenal sebagai galaksi cincin,
Hoag's Object
tampilan Hoag Object telah menarik para ahli astronomi amatir sebanyak struktur tak lazim yang dimiliki para ahli astronomi profesional. Apakah ini satu galaksi atau dua galaksi? Pertanyaan ini muncul pada tahun 1950 ketika astronom bernama Art Hoag mencoba mengetahui objek antar galaksi tersebut.
         
Bagian luar objek ini didominasi oleh bintang-bintang berwarna biru cerah, sementara di daerah sekitar pusat objek ini terdapat sebuah bola dari bintang berwarna lebih kemerahan yang kemungkinan berusia lebih tua. Diantara keduanya, terdapat sebuah rongga atau celah yang muncul hampir mendekati warna gelap.

2 komentar:

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...