Megabits vs Megabyte: Apa Perbedaannya?

Karena semakin banyak hiburan harian kita yang berasal dari sumber online, kecepatan Internet telah menjadi faktor yang sangat penting. Kita dapat mendownload film dan streaming tayangan televisi secara legal dari PC maupun Smartphone. Selain itu kita juga pasti ingin tahu berapa kecepatan internet yang dimiliki, namun setelah mengetahui berapa kecepatan internet yang dimiliki maka akan muncul pertanyaan baru, yaitu apa bedanya megabits dan megabyte? dan apa saja kegunaannya?

Permasalahan
Katakanlah kita tertarik untuk mendapatkan layanan Internet baru. Melihat kecepatan yang ditawarkan sebuah paket yang mengiklankan kecepatan "hingga 50Mbps". Jika membeli paket ini, seberapa cepat menurut Anda kecepatan download yang akan dimiliki?
Mudah untuk mengasumsikan bahwa "Mbps" berarti "megabyte per detik" dan jika Anda membeli paket ini, Anda dapat mendownload file dengan kecepatan 50MB per detik. Namun, perhatikan lebih dekat iklan di atas. Lihat baik-baik pada "Mbps,". Hal yang perlu anda ketahui adalah 50 Mb bukanlah 50 MB. Huruf kecil "b" dalam contoh ini sangat penting. Karena kecepatan internet sebenarnya yang diiklankan adalah 50 megabit per detik, dan sangat jauh berbeda dengan 50 megabyte per detik!


Kecepatan Sebenarnya
Jadi jika kita tidak mempunyai kecepatan di 50 megabyte per detik (50 MBps), berapa kecepatan 50 megabits (50Mbps) yang bisa kita dapatkan?

Untuk menjawab ini, kita perlu mengetahui apa itu megabits dan megabyte. Untuk melakukan ini, akan lebih mudah jika kita memotong "mega" dari kedua sisi dan membandingkan perbedaan antara bit dan byte. 1 byte terdiri dari 8 bit, jadi kita dapat mengatakan bahwa byte 8 kali lebih besar dari pada bit, atau secara matematis, 1 byte = 8 bit. Jika kita menggunakan informasi ini pada masalah megabits dan megabyte, kita dapat melihat bahwa megabyte 8 kali lebih besar dari megabit, atau 1 megabyte = 8 megabits.
Sekarang kita bisa mengetahui seberapa cepat 50 megabit per detiknya dalam megabyte. Mengingat bagaimana ada 8 bit dalam satu byte, kita bisa mengambil nilai 50Mbps dan membaginya menjadi delapan. Hasilnya adalah 6.25, yang berarti kita akan memiliki kecepatan 6,25 megabyte per detik. Itu jauh lebih lambat dari yang kita duga dulu!


Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memahami perbedaan antara megabits dan megabyte. Apa yang tampak seperti kesepakatan fantastis tiba-tiba menjadi delapan kali lebih buruk setelah Anda menandatangani kontrak. Jika Anda ingin tahu apakah sebuah perusahaan menggunakan megabits atau megabyte, mudah untuk membedakan keduanya. Ingatlah bahwa megabits menggunakan huruf kecil "b" (Mbps) sementara megabyte menggunakan huruf besar "B" (MBps).


Kenapa memakai bit? kenapa tidak byte saja?
Kenapa kita menggunakan bit? Bukankah lebih mudah jika perusahaan hanya mengiklankan kecepatan mereka sebagai megabyte dan menghentikan semua kebingungan ini?

Sebagai penjelasan, ada beberapa kasus di luar sana, termasuk megabits yang lebih menguntungkan dari sudut pandang pemasaran (50Mbps terlihat lebih mengesankan daripada 6,25 Mbps). Namun, penjelasan yang paling masuk akal adalah untuk membedakan kecepatan koneksi dan ukuran penyimpanan. Byte biasanya digunakan saat kita menghitung ukuran dan penyimpanan (hard drive 500GB, file 10MB), sedangkan bit digunakan saat kita membahas seberapa cepat koneksi (Internet 50Mbps).


Kecepatan koneksi yang ditawarkan tidak dijamin
Bahkan setelah semua perhitungan ini dan mengetahui kecepatan download Anda, itu bukanlah kecepatan yang selalu bisa digunakan. Perhatikan dengan seksama! Anda akan melihat bahwa penyedia layanan mengiklankan koneksi mereka dengan "Up To" pada gambar iklan. Hal ini disebabkan oleh berbagai variabel, seperti jarak Anda dari ISP, jumlah orang yang menggunakan Internet pada saat itu, dan seberapa baik ISP mempertahankan layanan mereka.

Singkatnya, itu berarti Anda tidak dijamin untuk selalu mendapatkan kecepatan yang Anda beli. Hati-hati saat membeli paket Internet baru, dan pastikan membaca ulasan untuk memeriksa apakah perusahaan membuat janji dengan kecepatan yang diiklankan.


Akhir Cerita
Saat mencari layanan Internet baru, sulit untuk mengerti apa yang ISP tawarkan untuk Anda. Meski membingungkan, masalah megabits vs megabyte sangat sederhana sekali. Ingatlah bahwa 1 megabyte sama dengan 8 megabits, dan Anda tidak akan terjebak dalam fantasi iklan operator yang sangat menjanjikan.

Apakah kemiripan megabyte / megabit menyebabkan masalah bagi Anda atau seseorang yang Anda kenal? Beri tahu kami cerita Anda pada kolom komentar dibawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...