Jaringan 5G : Apa Saja Yang Perlu Diketahui?


Untuk memiliki pemahaman yang benar tentang jaringan "5G", kita harus memahami beberapa hal tentang jaringan seluler pada umumnya. "G" di "5G" adalah singkatan dari "Generasi", dan, sepatutnya, ini merupakan generasi kelima dalam serangkaian teknologi jaringan. Mari kita bahas generasi sebelumnya sebelum dilanjutkan.
  • 1G digunakan untuk panggilan telepon dasar tapi sangat lemah, sinyal tidak aman.
  • 2G adalah langkah maju dari 1G, menambahkan panggilan telepon digital dan pesan, namun terlalu lambat untuk mengelola akses Internet dalam banyak kasus.
  • 3G menawarkan perpesanan dan data di atas 2G, menghadirkan pengalaman mobile Internet yang lebih baik. 3.5G meningkat lebih jauh, membawa standar ke tingkat internet broadband kelas atas.
  • 4G menawarkan layanan IP penuh, dengan koneksi broadband yang lebih cepat dengan latency lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya. Kecepatan puncak standar ini adalah 1Gbps, yang berarti antara 1Mbps dan 10Mbps untuk konsumen.

Tujuan 5G adalah untuk menjadi jaringan nirkabel utama - kita berbicara kecepatan nirkabel 10Mbps sampai 100Mbps dan lebih tinggi.

Ada beberapa teknis seputar penerapan teknologi 4G. Misalnya, fakta bahwa sebagian besar teknologi yang disebut 4G tidak sesuai. Tapi versi pendeknya adalah 5G yang dimaksudkan untuk menjadi langkah besar berikutnya dalam standar data seluer. Hal ini menimbulkan beberapa pertanyaan.

Catatan: Sumber utama untuk sebagian besar informasi yang disajikan dalam artikel ini berasal dari Whitepaper Pengertian Pemahaman "“Understanding 5G”  dari GSMA Intelligence.

Mengapa kita membutuhkan 5G?
Membaca artikel yang Anda lihat secara online atau mendengar buzz, Anda akan mendengar kutipan dari lagu dari 1 sampai 20Gbps dengan kecepatan ke perangkat seluler yang mendukung standar 5G.
Meskipun secara teknis ini mungkin dan telah dilakukan, kecepatan jenis ini sangat tidak mungkin terjadi di jaringan seluler penduduk. Saya sangat ragu kita akan melihat kecepatan Google Fiber di smartphone kita untuk skala nasional dalam waktu dekat, apalagi untuk negara indonesia sendiri yang mayoritas jaringan 4G di beberapa kota masih belum dirancang dengan baik. 

Penerapan 5G yang tepat bisa menjadi standar nirkabel untuk melampaui broadband. Jaringan 5G yang cukup kuat dapat melupakan kebutuhan untuk meluncurkan jalur tembaga dan serat untuk mendapatkan akses Internet ke area mereka. Menggulirkan infrastruktur baru bisa jadi sulit dengan cara itu, namun menara dan perangkat yang mendukung 5G dapat melupakan kebutuhan akan hal itu sepenuhnya.

5G akan memungkinkan layanan yang lebih kuat di jaringan seluler. Game real-time saat dalam perjalanan, unduhan dan upload video yang besar adalah hal pertama yang muncul dalam pikiran, namun kemungkinannya semakin jauh melampaui itu. Mobil self-driving, AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) juga menjadi mungkin pada tingkat tinggi ini.
Alasan mengapa semua implementasi baru ini tiba-tiba menjadi mungkin adalah bukan karena kecepatan download yang baku, ini karena latency. Standar nirkabel masa lalu memiliki tingkat latensi tinggi, terutama 2G dan 3G. 4G memperkenalkan titik di mana internet dengan latensi rendah menjadi mungkin terjadi pada koneksi nirkabel, namun 5G menandai titik di mana latency tersebut sesuai dengan broadband tertinggi yang pernah ada di pasaran saat ini.

Kapan 5G akan menjadi standar?
Verizon sudah mulai menggelar tes, tetapi konsensus umum tampaknya mengharapkan teknologi ini mulai diluncurkan secara komersial pada tahun 2020. Dan segala sesuatunya bisa berubah dengan lebih baik.

Jaringan 5G yang benar akan memungkinkan tugas jaringan tertinggi di perjalanan. Sebenarnya, kemungkinan hal ini jujur di luar jangkauan saya. Kita tidak benar-benar tahu apa saja yang bisa kita dapatkan, namun, akan tetap hal-hal yang tidak mungkin akan menjadi mungkin dengan kemajuan teknologi.

Apa pendapat anda tentang hal ini? bagaimana pengalaman anda di jaringan 2G, 3G, dan 4G? beritahu kami pada kolom komentar di bawah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...