10 JENIS BINATANG TRANSPARAN TERUNIK

Transparan merupakan suatu kondisi dimana suatu benda dapat ditembusi oleh cahaya. Banyak benda yang mempunyai sifat transparan, seperti kaca, air, dan banyak lainnya. Namun pernahkah anda melihat atau hanya mengetahui bahwa ada hewan atau binatang yang mempunyai sifat transparan? semua organ-organ tubuh mereka akan terlihat! Mari simak ulasan 10 jenis binatang transparan terunik berikut :

1. Glass Frog
Hewan asli venezuela yang dinamakan Glass Frog atau Katak Kaca termasuk dalam famili amphibi Centrolenidae (Ordo Anura). Sementara warna latar belakang umum dari katak kaca ini berwarna hijau lemon, kulit yang berhubungan dengan perut dan organ-organ dalam seperti jantung, hati, dan organ pencernaan terlihat melalui kulit mereka yang tembus cahaya.

2. Barreleye
Ikan air dalam ajaib dinamakan Barreleye, memiliki kepala transparan dan mata yang bergolak. Ikan ini memiliki mata yang sangat sensitif terhadap cahaya yang dapat berputar dalam transparannya, pelindung berisi cairan di bagian kepalanya, sementara bergolaknya dalam kepalanya tertutup oleh lensa warna hijau cerah.
Matanya menunjuk ke arah atas di saat ikan tersebut sedang mencari makan. Sementara saat sedang makan, mata ikan tersebut ke arah depan. Kedua bintik hitam di atas mulut ikan tersebut bukanlah matanya, itu merupakan alat penciuman yang dinamakan nares, yang bisa dianalogikan seperti lubang hidung pada manusia.

3. The Glasswing Butterfly
Ditemukan di wilayah Amerika Tengah, yang membentang antara Meksiko hingga Panama, The Glasswing Butterfly adalah seekor kupu-kupu yang berkaki sikat dimana sayap-sayapnya tampak transparan. Sedangkan jaringan antara urat darah halus dengan sayap-sayapnya tampak seperti kaca.

4. The Glass Squid
Ditemukan di lautan belahan bumi bagian selatan, The Glass Squid memiliki organ-organ yang terang pada bagian mata dan memiliki kemampuan untuk menggulung seperti bola layaknya landak laut. Hewan ini menjadi mangsa dari ikan laut dalam seperti Hiu Goblin, serta Paus dan burung-burung laut.

5. Zebra Fish Transparent
Ikan zebra di laut ini ditemukan pada tahun 2008 oleh para ilmuwan, supaya mereka bisa mempelajari proses terjadinya penyakit, termasuk penyebaran penyakit kanker. Ikan transparan ini memungkinkan para ilmuwan di Children's Hospital untuk secara langsung melihat organ-organ bagian dalam ikan tersebut dan melakukan proses pengamatan terhadap penyakit seperti pertumbuhan tumor dalam organisme pada waktu yang sebenarnya.

6. The Crocodile Icefish
Ditemukan di wilayah perairan dingin Antartika dan wilayah Amerika Selatan, The Crocodile Icefish hidup dari memangsa krill, copepod dan ikan yang lain. Darah dalam tubuhnya juga tampak transparan, karena mereka tidak memiliki hemoglobin dan hanya tertutup eritrosit.
Metabolisme tubuh mereka bergantung pada oksigen yang larut dalam darah yang mencair, yang diyakini terserap langsung melalui kulit dari air. Hal ini terjadi, karena air tidak dapat larut pada sebagian besar oksigen ketika berada dalam kondisi paling dingin.

7. Phronima
Disebut juga dengan hewan amphibi transparan, hewan tak lazim ini merupakan salah satu spesies unik, yang belum lama ini ditemukan dalam sebuah ekspedisi di jajaran pegunungan laut bagian dalam di wilayah Atlantik Utara. Dalam sebuah strategi pertahanan yang ironis, makhluk mirip udang berukuran kecil ini menunjukkan segala sesuatu baik di dalam maupun di luar dalam upaya untuk menghilang.

8. Udang Larval Transparan
Ditemukan di beberapa wilayah perairan di sekitar Hawaii, udang larval transparan berada di atas ubur-ubur laut yang sama transparannya.

9. Salp Transparan
Beberapa jenis fauna mirip ubur-ubur ini dikenal sebagai salp yang hidup dari tanaman-tanaman kecil di perairan, yang lebih dikenal dengan Phytoplankton (lumut laut). Mereka tampak transparan, hewan-hewan berbentuk barrel ini bisa mencapai ukuran panjang antara 1-10 cm.

10. Ubur-Ubur Transparan
Ubur-ubur adalah anggota Phillum Cnidaria yang biasa berenang lepas. Mereka bisa dijumpai disetiap lautan, dari bagian permukaan hingga di laut bagian dalam. Beberapa ubur-ubur transparan hampir tidak mungkin terlihat.

Manakah hewan yang membuat anda tertarik? adakah hewan transparan yang anda ketahui namun tidak ada pada artikel ini? silahkan berikan komentar anda pada kolom komentar dibawah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...