Ransomware Wanna Cry: Atasi Serangan Cyber dengan 7 Cara Ini!

Virus Ransomware Wanna Cry merupakan serangan cyber terbesar yang dilakukan oleh para hacker dunia. Virus ini menginfeksi komputer, dan kemudian mencegah pengguna mengakses sistem operasi, atau mengenkripsi semua data yang tersimpan di komputer, kemudian pengguna akan diminta untuk memberi uang tebusan senilai $600 untuk mengambil kembali file-file penting pada komputer atau smartphone anda.

Setelah terkena virus ini, anda tidak akan dapat mengakses file pada komputer anda meskipun meminta bantuan antivirus sekalipun file-file pada komputer anda tidak akan selamat! Virus ini bahkan telah mematikan puluhan ribu sistem komputer pada 104 negara termasuk Indonesia. Bahkan saat ini virus tersebut mendadak viral dan menjadi trending topik di google.
Berawal dari dua rumah sakit indonesia yaitu RS Dharmais dan RS harapan kita yang terkena virus komputer mematikan ini, sejak itulah nama Ransomware menjadi terkenal di negara kita. Namun jangan khawatir, ada cara untuk mencegah virus ini menginfeksi komputer anda. Simak tips yang akan kami sajikan berikut ini agar komputer yang anda miliki tetap aman dan kebal terhadap virus ransomware:
  • Sebelum menghidupkan komputer matikan dahulu sambungan wifi dan cabut koneksi LAN/INTERNET
  • Lakukan Back Up data ke media storage terpisah
  • Lakukan Update antivirus dan pastikan antivirus anda meliputi anti Ransomware
  • Berhati-hatilah mengunjungi situs yang tidak aman atau tidak dapat dipercaya.
  • Jangan pernah mengklik link yang tidak Anda percaya pada halaman web atau akses ke aplikasi Facebook atau messaging seperti Whatsapp dan aplikasi lainnya.
  • Jika Anda menerima pesan dari teman Anda dengan sebuah link, harap konfirmasi padanya apakah dia benar-benar mengirim email pada anda. (komputer yang terinfeksi akan mengirim pesan acak dengan link).
  • Sadari akan pesan e-mail palsu yang menggunakan nama yang mirip dengan layanan populer seperti PayePal dan bukan PayPal atau menggunakan nama layanan populer tanpa koma atau karakter yang berlebihan.
  • Gunakan Windows Update untuk mengupdate windows komputer anda.
Jika komputer anda tiba-tiba layarnya terkunci, dan untuk membukanya anda harus melakukan pembayaran itu berarti komputer anda telah terinfeksi virus ransomware wanna cry tersebut dan anda tidak akan bisa mencegahnya lagi. Namun jangan membayarkan uang tebusan itu! berbagai instansi penegak hukum telah menyarankan agar kita tidak memberi tebusan pada mereka.

Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka telah merilis update Windows untuk melindungi para pengguna dari serangan virus berbahaya ini. Segera lakukan update windows untuk menghindari serangan ransomware.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...