Bluetooth 5: Kemampuan dan Keistimewaan Bluetooth 5

Bluetooth Telah banyak berkembang sejak awal teknologi nirkabel di komputer dan perangkat mobile. Pertama kali diumumkan pada tahun 1998, teknologi tersebut berjalan ke perangkat konsumen pada tahun 2000 melalui telepon seluler Ericsson T36.
Dengan setiap iterasi baru telah membuatnya lebih cepat dan lebih mudah bagi kita untuk menghubungkan berbagai perangkat satu sama lain seperti laptop, headset, mouse, band kebugaran, dan dapat melakukan hal yang canggih seperti transfer file dan berbagi koneksi Internet. Simak ulasan tentang teknologi bluetooth 5 berikut ini!

Apa yang baru?
Pertama (dan yang terpenting), Bluetooth 5 sangat cepat. Diperkirakan sekitar dua kali lebih cepat dari versi sebelumnya (Bluetooth 4.2), berkat bandwidth 5MBps dibandingkan dengan bandwidth 2.1MBps Bluetooth 4.2. Kapasitas data yang ditingkatkan berarti kita bisa mengharapkan transmisi paket meningkat menjadi 2MB/s, di mana sebelumnya 1MB/s.
Produsen perangkat dan pengembang akan memiliki fleksibilitas lebih karena mereka dapat meningkatkan jangkauan sinyal Bluetooth dengan mengurangi bandwidth - hingga jarak hampir satu mil jika tidak ada hambatan di jalan. Itu lompatan besar dibanding rentang 200m Bluetooth 4.2.

Bluetooth sedikit membingungkan sebelumnya karena varian standar dan 'LE' (Low Energy). Bluetooth 5 akan menyatukan kedua hal tersebut menjadi satu, dengan Bluetooth SIG yang mengklaim bahwa standar baru akan jauh lebih hebat.

Perangkat apa saja yang akan mempunyai bluetooth 5 ini?
Semua perangkat, seperti; gelang fitness, sistem pencahayaan yang cerdas, termostat yang cerdas dan sebagainya, terutama akan mendapat keuntungan dari peningkatan kapasitas siaran yang akan membuatnya tidak jauh berbeda dengan Wi-Fi, yang masih menjadi pilihan teknologi IoT bagi sebagian besar perusahaan.

Perangkat audio seperti speaker dan headphone memiliki hubungan yang mudah berubah dengan Bluetooth sejauh ini, terutama karena menggunakan pita 2,4 GHz, yang merupakan band paling populer untuk teknologi konsumen nirkabel, dan akibatnya cenderung mengalami kehilangan data - yang terutama Terlihat saat Anda mencoba mendengarkan musik yang sempurna.
Sementara Bluetooth 5 tidak mengganti band, ia berjanji untuk menggunakan saluran penyiaran di dalamnya secara lebih efektif, yang secara teori harus menawarkan kualitas audio yang lebih tinggi. Mari kita tidak menghitung ayam kita hanya meskipun ...

Akankah Bluetooth 5 Devices Bekerja dengan Perangkat Bluetooth 4?
Ya, Bluetooth 5 akan benar-benar kompatibel, dan sementara Anda tidak akan merasakan berbagai manfaatnya jika menggunakan BT 5 dengan perangkat BT 4, perangkat ini tetap berfungsi penuh sebagai perangkat BT 4. Namun, tidak ada cara untuk memperbarui firmware Bluetooth 4 ke Bluetooth 5. Untuk mendapatkan Bluetooth 5, Anda harus mendapatkan perangkat keras Bluetooth 5.
Akhir Cerita
Bluetooth adalah salah satu teknologi yang telah menjadi lebih berguna seiring waktu, mengalahkan inframerah. Sebagai teknologi nirkabel pilihan untuk transfer data jarak pendek berskala kecil. Namun, iterasi berikutnya dipastikan akan terus membawa Bluetooth lebih dekat ke WiFi dalam hal fleksibilitas dan jumlah kegunaan yang dimilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...