Pengertian Prinsip Bernoulli

Dalam karyanya Hydrodynamica di tahun 1738, ilmuwan Swiss bernama Daniel Bernoulli menjelaskan bagaimana untuk sebuah cairan ideal, setiap peningkatan kecepatan aliran diikuti dengan penurunan tekanan atau energi potensial. 

Jika cairan mengalir secara horisontal, maka cairan ini akan mengeluarkan lebih banyak tekanan ketika bergerak pelan dan lebih sedikit tekanan ketika bergerak cepat.

Apa itu Prinsip Bernoulli?
Pada dasarnya, prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida, peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut. 

Prinsip ini sebenarnya merupakan penyederhanaan dari persamaan Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik di dalam suatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran yang sama.

Aplikasi penuh pada situasi kehidupan nyata tentu saja cukup rumit daripada prinsip diatas, tetapi prinsip ini berguna dalam berbagai aplikasi. Contonya, mikael mengukur rata-rata aliran cairan dengan memperhitungkan perubahan tekanan yang muncul ketika cairan bergerak di antara dua meteran pipa yang berbeda. 

Sementara itu sayap pesawat terbang memaksa udara bergerak pada kecepatan yang lebih tinggi melintasi permukaan atas sayap. sehingga menciptakan perbedaan tekanan dan ini menimbulkan gaya dorong ke atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...