Pengertian Refraksi (Pembiasan)

Sebuah gelombang dikatakan dibiaskan ketika gelombang berubah arah saat melintasi antarmuka dua medium yang berbeda. Refraksi atau pembiasaan dalam optika geometris didefinisikan sebagai perubahan arah cahaya akibat terjadinya percepatan.

Pada era optik geometris, refraksi cahaya yang dijabarkan dengan hukum Snellius terjadi bersamaan dengan refleksi gelombang cahaya, seperti yang dijelaskan oleh persamaan Fresnel pada masa transisi menuju era optik fisis. Tumbukan antara gelombang cahaya dengan antarmuka dua medium menyebabkan kecepatan fase gelombang cahaya berubah. Panjang gelombang akan bertambah atau berkurang dengan frekuensi yang sama, karena sifat gelombang cahaya yang transversal.

Pengetahuan ini membawa kita pada penemuan lensa dan refracting telescope. Refraksi di era optik fisis dijabarkan sebagai fenomena perubahan arah rambat gelombang yang tidak saja bergantung pada perubahan kecepatan, tetapi juga terjadi karena faktor-faktor lain yang disebut difraksi dan dispersi.

Fenomena refraksi adalah fenomena yang paling dikenal dimana sebuah obyek yang lurus seperti sedotan minuman nampak membengkok saat sedotan itu melintasi batas udara dan air, dikarenakan refraksi jalan cahaya dari bagian bawah air.

Refraksi terjadi ketika medium-medium berbeda mentransmisikan sebuah gelombang di kecepatan berbeda. Dalam optika, perbandingan kelajuan cahaya dalam sebuah vakum terhadap kelajuan di medium lainnya dikenal sebagai indeks refraksi medium. Ketika cahaya berjalan dari suatu medium dengan indeks refraksi yang lebih rendah ke dalam medium dengan indeks refraksi lebih tinggi, refraksi menyebabkan gelombang membengkok menuju bentuk normalnya.

Bergerak dari sebuah medium dengan indeks refraksi yang lebih tinggi ke medium dengan indeks refraksi yang lebih rendah, gelombang akan membengkok ke arah lainnya. Hukum Snell menghubungkan sudut-sudut yang terlibat dengan indeks-indeks refraksi medium yang mentransmisikan cahaya ke dalam suatu persamaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...