Pengertian Refleksi Internal Total

Ketika sebuah gelombang membentur batas antarmuka dua medium berbeda, gelombang biasanya membelah menjadi dua elemen dengan intensitas lebih kecil. Satu bagian berhasil melewati batas, dan satu bagian lainnya dipantulkan kembali ke medium awal. Namun, dalam kondisi tertentu, sebuah gelombang bisa dipantulkan ke dalam medium tanpa membelah, dengan mempertahankan semua intensitasnya.

Refleksi internal total membutuhkan sebuah geometri khusu, dimana gelombang harus memantul di batas antarmuka medium di sudut yang lebih besar daripada sudut kritis Ɵ crit, didefinisikan oleh indeks refraksi n dan n dari dua material. Sudut kritis bisa dihitung dari persamaan:
Ɵcrit = arcsin (n₂/n₁)

Refleksi internal total mempengaruhi banyak jenis gelombang berbeda dan membentuk prinsip di balik serat-serat optik, digunakan untuk mentrasmisikan sinyal-sinyal cahaya dalam teknologi komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...