Pengertian Difraksi Cahaya

Ketika gelombang paralel melewati sebuah celah sempit atau terhalang oleh sebagian rintangan, sesuatu yang tidak diharapkan terjadi. Setelah gelombang-gelombang yang ditarik melewati rintangan, gelombang mulai menyebar atau membelok. Ini adalah bentuk paling familiar tentang fenomena yang dikenal sebagai difraksi. Efek-efek serupa diciptakan oleh gelombang cahaya yang melewati materi-materi dengan indeks relatif yang berbeda, dan oleh gelombang suara di situasi-situasi analog.

Difraksi adalah penyebaran gelombang, terutama gelombang cahaya, disebabkan adanya halangan. Semakin kecil halangan, penyebaran gelombang akan semakin besar. Hal ini bisa diterangkan oleh prinsip Huygens. Difraksi adalah alat berharga untuk mempelajari aspek gelombang, dan cahaya pada khususnya.

Pola-pola difraksi dihasilkan oleh berkas-berkas cahaya yang melalui dua celah sempit dan kemudian berinterferensi satu sama lain. Serangkaian celah sempit menyebar cahaya menurut panjang gelombangnya, dan sering digunakan pada alat-alat optik terutama prisma tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...