Pengertian Resolusi Fisika

Kemampuan membedakan secara rinci dan kemampuan memisahkan obyek-obyek berjarak sempit dikenal sebagai sebuah solusi. Dalam penggunaan teknis, resolusi menunjukkan presisi dengannya sebuah variabel di setiap jenis pengukuran bisa ditentukan. 

Dalam astronomi dan mikroskopi, resolusi optikal membuat kita mampu melihat struktur-struktur kecil atau memisahkan bintang-bintang biner, tetapi yang paling familiar adalah penggunaan piksel pada komputer.

Kemampuan mata untuk meresolusi elemen-elemen imej secara individual bergantung pada konsep optikal umum yang dikenal sebagai angular resolution (resolusi sudut), pemisahan sudut tersempit padanya dua titik sumber cahaya bisa dilihat sebagai obyek terpisah.

Misalnya, resolusi sudut mata manusia sekitar 1 menit arc (1/80 derajat). Pada prinsipnya, resolusi bergantung pada interaksi gelombang-gelombang yang terdifraksi. Resolusi teleskop dan mikroskop bergantung pada desain khusus mereka, tetapi bisa dikalkulasi dengan menggunakan persamaan sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...