Sifat Gelombang

Pengertian Sifat Gelombang
Setiap gelombang bisa dideskripsikan melalui empat sifat mendasarnya: kecepatan, panjang gelombang, frekuensi, amplitudo atau intensitas. Tiga sifat pertama gelombang ini dihubungkan oleh persamaan sederhana, sehingga jika hanya dua sifat yang diketahui mudah bagi kita untuk mengkalkulasi sifat ketiga.

Kecepatan adalah gerak gelombang dengannya gelombang mentransfer energi di arah geraknya. Panjang gelombang adalah jarak antara maxima atau minima disturbansi gelombang, yang dalam persamaan ditulis dengan huruf yunani lambda (λ). Dalam gelombang transversal, maxima dan minima didefinisikan dengan bagian-bagian kompresi maksimum atau minimum. Terlepas dari perbedaan ini, istilah puncak terusan digunakan untuk kedua jenis gelombang ini. 

Frekuensi adalah rata-rata puncak atau terusan melewati sebuah titik yang berubah-ubah sepanjang gelombang, dan diukur dalam siklus per detik, atau hertz. Sementara itu, amplitudo adalah kekuatan gelombang, yaitu ukuran disturbansi yang ditimbulkan gelombang, dan diukur dengan tinggi gelombang transversal atau tingkat kompresi gelombang longitudinal.

Kecepatan gelombang v bisa dengan mudah diperoleh dengan mengalikan frekuensi gelombang f dengan panjang gelombang λ. Atau dengan persamaan:
v = f λ
Dari persamaan ini, dapat diperoleh rumus:
f = v/λ
Sementara :
λ = v/f

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...