Pengertian Getaran atau Gelombang

Apa itu Getaran atau Gelombang?
Gelombang atau getaran yang merambat adalah disturbansi atau osilasi yang bergerak sehingga memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lainnya. Gelombang adalah aspek luas dan mendasar dari alam semesta fisik. 

Memahami sifat gelombang adalah salah satu landasan penting fisika modern, dengan implikasi yang membentang melanpaui fenomena gelombang, seperti riak air dan suara yang bervibrasi, serta masuk ke bidang seperti elektromagnetisme. Sulit bagi kita mendapatkan definisi yang tepat dan mencakup semua hal tentang gelombang, tetapi mudah bagi kita mengenali gelombang ketika anda melihatnya.


Ketika disuruh untuk memikirkan fenomena gelombang, sebagian besar orang pertama akan berpaling pada riak-riak air, dan sungguh ini menunjukkan bahwa aspek penting tentang fenomena gelombang pada umumnya. Satu hal jelas yang bisa kita pelajari dari gelombang air adalah bahwa gelombang merupakan disturbansi yang bergerak.


Gelombang sering meninggalkan materi yang dilewatinya di tempat yang pada dasarnya sama. Sebuah bulu yang mengapung akan menegaskan bahwa ketika sebuah riak air tunggal melewati sebuah kolam, area-area individual air secara singkat terganggu, dan biasanya kembali ke posisi dan keadaan sebelumnya setelah gelombang lewat. Zat yang dilewati gelombang dikenal sebagai medium gelombang, dan sejauh yang kita ketahui, hanya ada satu gelombang yang bisa merambat tanpa medium, yaitu radiasi elektromagnetik.

Riak air

Riak air adalah gelombang tranversal - osilasi naik turun medium diciptakan oleh lintasan riak di sudut kanan atau perpendikular menuju arah perjalanan atau perambatan gelombang. Pada gelombang longitudinal, osilasi atau disturbansi menyatu dengan arah rambat. Gelombang suara adalah contoh dari gelombang longitudinal.


Perambatan gelombang ini mencakup pemampatan partikel sepanjang arah gerak gelombang, diikuti oleh relaksasi atau ekspansi saat gelombang lewat. Terlepas dari perbedaan mendasar ini, kedua jenis gelombang ini berbagi banyak sifat yang bisa diukur dan dipengaruhi oleh banyak fenomena yang sama.


Bentuk ideal dari suatu gelombang akan mengikuti gerak sinusoide. Selain radiasi elektromagnetik, dan mungkin radiasi gravitasional, yang bisa berjalan lewat ruang hampa udara, gelombang juga terdapat pada medium dimana mereka dapat berjalan dan dapat memindahkan energi dari suatu tempat ke tempat lain tanpa mengakibatkan partikel medium berpindah secara permanen; yaitu tidak ada perpindahan secara massa,


Jenis-Jenis Gelombang
Ada dua jenis gelombang, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
  • Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarannya. contohnya adalah cahaya
  • Gelombang longitudinal adalah gelombang yang memiliki arah getaran yang sama dengan rambatannya. Artinya arah gerakan medium gelombang sama atau berlawanan arah dengan perambatan gelombang. contohnya adalah gelombang suara
Gelombang longitudinal mekanis juga disebut sebagai gelombang mampatan atau gelombang kompresi. Contoh-contoh gelombang longitudinal adalah gelombang suara dan gelombang seismik yang disebabkan oleh gempa dan ledakan. 

Persamaan Maxwell mengindikasikan gelombang elektromagnetik berbentuk gelombang transversal dalam ruang hampa, namun gelombang elektromagnetik dalam medium plasma bisa berbentuk transversal, longitudinal, atau campuran keduanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...