Enzim Penyebab Alzheimer (Pikun)

               Alzheimer, atau yang biasa disebut orang awam sebagai kepikunan, masih sulit dicegah hingga sekarang. Pada penderita alzheimer sel-sel otak pelan-pelan menjadi rusak dan mati. Akibatnya, penderita kehilangan memori atau ingatan, kemampuan untuk menilai, menganalisa dan keseimbangan.

             Kenapa itu bisa terjadi? Belakangan jurnal ilmiah Science melaporkan bahwa tim
Perbandingan otak
Normal dan Alzheimer
ilmuwan di bawah pimpinan Dr. Martin Citron dari perusahaan bioteknologi Amgen di Thousand Oaks, California, telah menemukan adanya suatu jenis enzim yang membuat sel otak mati dan menyebabkan alzheimer.


            Enzim ini diberi nama Beta Sekretase. Penemuan ini jelas merupakan suatu terobosan penting dalam ikhtiar penanggulangan alzheimer. Dengan penemuan ini, kemungkinan untuk mengembangkan obat yang dapat memperlambat orang menjadi pikun jadi terbuka lebar. 

            Dr. Rudolph Tanzi, profesor ilmu saraf di Harvad Medical School dan Massachusetts General Hospital berkata
"Kini kami punya sasaran dan target nyata bagi obat yang akan dikembangkan." Para ilmuwan menganggap, penemuan beta sekretase sebagai penyebab alzheimer bisa di analogikan dengan peristiwa diketahui nya HIV sebagai penyebab AIDS.

           Begitu HIV ditemukan, pengobatan AIDS pun makin mudah ditentukan arahnya. Tapi, amgen sendiri sampai sekarang masih belum bisa menemukan bahan yang mampu
memblokade beta sekretase itu. Jadi, untuk menyembuhkan alzheimer jalan yang ditempuh tampak nya masih panjang.

          Dr. Citron mengingatkan bahwa ia dan tim nya paling tidak membutuhkan serangkaian tes di laboratorium, lalu pengujian pada hewan percobaan, sebelum akhirnya percobaan sesungguhnya pada manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...