Cara Meningkatkan Speed Internet

Saat ini Streaming video di internet merupakan kegemaran banyak orang. Berbagai alasan orang melakukan Streaming karena malas untuk download, sedang ada banyak waktu untuk streaming, dan banyak lagi. Terkadang saat menonton streaming, kita mendapati kualitas video yang buruk dan akan buffering apabila menyetel kualitas yang lebih tinggi. 

Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa hal itu terjadi, pelakunya adalah bandwidth. Sederhananya, kecepatan Internet semua orang tidaklah sama. Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap kecepatan internet, termasuk lokasi, penyedia layanan dan banyak lagi. 


Meskipun Anda mungkin tidak dapat mengendalikan faktor-faktor ini, Anda tidak benar-benar tak berdaya. Baca panduan kami untuk mengetahui bagaimana Anda dapat berpotensi meningkatkan kecepatan internet Anda dengan sedikit atau tidak ada biaya Berikut ini :

Apa itu Bandwidth?
Sederhananya, bandwidth adalah kecepatan di mana data dapat
ditransmisikan antara komputer Anda (atau perangkat internet-enabled lain) dan situs web atau layanan (seperti Netflix). Jumlah bandwidth yang Anda miliki akan berdampak pada tingkat di mana beban pada halaman web atau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk men-download file. Singkat cerita, lebih banyak bandwidth setara dengan koneksi internet yang lebih cepat.

Kecepatan Diperlukan untuk Streaming Video Di Internet

Bit adalah unit terkecil dari data yang diukur oleh komputer.
Bandwidth diukur dalam “bit” per detik, paling sering sebagai kilobit dan megabit. Kilobit, atau kbps, adalah 1.000 bit per detik, sedangkan Megabits, atau Mbps, adalah 1.000 kbps.

Jadi apa jenis kecepatan internet yang Anda butuhkan untuk streaming video? Untungnya semua layanan video streaming utama memiliki persyaratan yang sama dan kecepatan ukuran dalam Megabits per detik. Netflix adalah salah satu layanan streaming yang paling populer yang tersedia, kami akan melihat rekomendasi kecepatan koneksi internet mereka.


Catatan: layanan lainnya mungkin memiliki persyaratan yang sedikit berbeda. Pastikan untuk memeriksa rincian spesifik dari layanan streaming yang Anda gunakan.





  • 0,5 Megabits per detik (500 kbps) - Broadband kecepatan koneksi standard
  • 1,5 Megabits per detik (1.500 kbps) - Kecepatan koneksi Broadband direkomendasikan
  • 3,0 Megabits per detik (3.000 kbps) - Direkomendasikan untuk kualitas Standard Definition (480p)
  • 5.0 Megabits per detik (5.000 kbps) - Direkomendasikan untuk kualitas High Definition (1080p)
  • 25 Megabits per detik (25.000 kbps) - Direkomendasikan untuk kualitas Ultra HD (2160p)
Perlu dicatat bahwa kecepatan di atas mencerminkan satu aliran. Untuk simultan stream, kalikan kecepatan koneksi dengan jumlah stream yang aktif.

Bagaimana cara Memeriksa Kecepatan Internet Anda
Memeriksa kecepatan internet Anda cukup sederhana. Ada sejumlah layanan online yang dapat memberikan informasi yang cukup akurat tentang berapa tinggi kecepatan internet Anda. Fast.com adalah salah satu situs yang paling sederhana dan paling mudah untuk digunakan. Arahkan ke situs, dan secara otomatis akan menghitung kecepatan download Anda secara real time.

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet
Kecepatan internet Anda kurang dan Anda tidak bisa menonton YouTube pada kecepatan lebih tinggi dari 144p? Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memaksimalkan kecepatan internet Anda.

1. Password protect connection
Router modern menggunakan protokol keamanan yang dikenal
Berikan password pada wifi anda
sebagai WPA2. ini berarti bahwa koneksi Internet Anda adalah password proteksi yang terlindungi. Memiliki jaringan WiFi sandi-dilindungi tidak hanya membuat Anda aman, tetapi juga mencegah orang secara acak dalam jangkauan router terhubungkan ke WiFi Anda. Jika anda tidak memberikan password pada protokol ini dapat mengakibatkan peningkatan penggunaan data dan menyedot kecepatan internet anda karena semua orang dapat mengakses wifi anda.

2. Pindahkan router
Hal ini tampaknya bodoh, tapi serius, pindahkan router Anda. Modem dan router merupakan perangkat yang paling estetis,
Pindahkan Router
sehingga wajar saja bahwa orang-orang yang melihat akan mengaksesnya. Menyembunyikan di balik rak buku atau lemari dapat secara signifikan menghambat kecepatan koneksi Anda. Tempat yang ideal untuk router Anda adalah di tengah rumah Anda, karena dapat mengirimkan sinyal WiFi ke semua arah.
3. koneksi Wired
Jika memungkinkan, pertimbangkan menjalankan kabel Ethernet
menggunakan kabel Ethernet lebih baik dibanding wifi
dari modem/router langsung ke perangkat Anda. koneksi kabel hampir selalu lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada yang nirkabel. sinyal WiFi harus melakukan perjalanan dan melewati impedences seperti dinding dan pintu, hal ini akan mempengaruhi kecepatan dan keandalan koneksi Anda. Mungkin tidak praktis karena dapat membuat berantakan pada rumah, tapi hal ini akan sangat bermanfaat menambah kecepatan internet anda.

4. Jadwal penggunaan jaringan berat (torrents, dll)
Men-download dan meng-upload data dalam jumlah besar secara bersamaan dapat memperlambat kecepatan internet Anda. Misalnya, men-download file torrent yang besar dan sambil mencoba untuk Live streaming instagram dapat menghasilkan kecepatan download lambat untuk torrent dan kualitas jaringan yang sulit pada instagram. Biasakan melakukan tugas-tugas bandwidth yang berat saat anda tidak aktif menggunakan internet, seperti ketika Anda sedang tidur atau di tempat kerja.

5. Tanyakan Masalah anda Pada ISP
Lihat seperti apa kecepatan Internet Service Provider yang anda dapatkan. Jika kecepatan Anda secara signifikan lebih rendah dari apa yang diiklankan oleh ISP Anda, mungkin sudah saatnya untuk menanyakannya. ISP Anda mungkin bisa memberikan saran bagaimana untuk meningkatkan kecepatan koneksi atau menawarkan penjelasan mengapa begitu lambat. Jika Anda tidak puas, Anda selalu dapat mempertimbangkan pindah ke jaringan lain dan pergi kepada penyedia ISP yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...