PS4 Pro vs Xbox One S : Manakah konsol game terbaik?

PS4 Pro dan Xbox One S merupakan kedua konsol game terbaik saat ini, sebagai pembaruan dari para pendahulu mereka di tengah-tengah siklus konsol game yang sedang digemari oleh banyak orang. Untuk konsumen umum yang sedang mencari konsol game terbaru dan terbaik pilihan jatuh ke salah satu dari dua perusahaan game raksasa ini.

Lalu manakah pilihan terbaik yang bisa dipertimbangkan saat hendak membeli kedua konsol super kuat ini? Berikut rangkuman yang telah kami dapatkan :



PS4 Pro mengklaim dapat bermain game di resolusi 4K, dan kedua konsol mengaku visual output dengan High Dynamic Range, atau HDR. Mari kita ulas klaim ini dan apa yang mereka maksud.
4K mengacu pada resolusi pixel. Resolusi yang tepat berkisar dari 3840 x 2160 pada rasio aspek 16: 9 (disebut Quad HD) 4096 x 2160, DCI (Digital Cinema Initiatives) 4K standar yang digunakan di bioskop. Orang-orang biasanya mengacu pada Quad HD ketika berbicara tentang 4K, karena mempertahankan aspek rasio layar lebar dari sebagian besar televisi konsumen. Kedua konsol ini dirancang mampu menjalankan resolusi 4K tersebut.

HDR juga merupakan fitur kedua konsol ini. Kedua konsol menawarkan dukungan HDR yang baik. Dengan HDR, game dan film dapat dilihat lebih baik secara signifikan dengan jangkauan yang lebih luas dari warna pada layar. Sayangnya, HDR, seperti 4K, hanya didukung dengan layar Televisi mahal yang tentunya tidak dimiliki oleh kebanyakan konsumen, yang berarti bahwa kebanyakan orang tidak bisa menikmati manfaat dari fitur tersebut.


PS4 Pro adalah konsol game terbaru dari Sony Entertainment. Playstation 4 Pro menawarkan game dengan grafis yang lebih baik dan pada resolusi yang lebih tinggi, dengan dukungan HDR boot. Konsol ini juga mampu streaming media pada resolusi 4K pada layar mendukung.

Xbox One S adalah konsol game terbaru dari Microsoft. Memiliki bentuk yang lebih kecil dari pendahulunya, menawarkan penyimpanan yang lebih tinggi dan mendukung HDR di game dan media. Xbox One S mampu menjalankan media streaming di 4K dan bermain  di kualitas 4K Blu-Rays, hal ini membuatnya lebih baik ketimbang PS4 Pro.

Fitur utama dari kedua konsol ini yaitu menampilkan permainan/media dengan kualitas HDR di resolusi 4K, tetapi tidak sama. Berikut fitur-fitur yang bisa dijadikan perbandingan dalam memilih konsol yang terbaik : 



High Dynamic Range
Kedua konsol mendukung keluaran HDR. Di media, keduanya sama, tetapi dalam permainan, PS4 Pro memiliki kemampuan yang jauh lebih besar dibanding Xbox One S.
Winner: PS4 Pro

4K Gaming

PS4 Pro dan Xbox One S mampu menjalani game dengan resolusi 4k, kedua sistem mereka menggunakan upscaling yang kuat untuk bermain game di layar 4K. Pertimbangkan ini: permainan yang dibuat untuk Xbox One bermain di 1080p dan jika bermain di 4K hasilnya hanya sedikit lebih baik. Sementara teknik upscaling biasanya terlihat sangat baik dibanding 1080p, kenyataannya bahwa resolusi 4K pada Xbox One S tidak bisa dijalankan seperti semestinya.

Sebagai perbandingan, PS4 Pro memiliki kinerja yang jauh lebih tinggi dari Xbox One S. ia dapat menjalankan resolusi di 4k jauh lebih baik daripada Xbox One S.
Winner: PS4 Pro

4K Media

Kedua konsol mendukung pemutaran media 4K, tetapi hanya Xbox One S yang mendukung untuk bermain di 4K Blu-Rays. Ini adalah kelalaian membingungkan dari PS4 Pro, yang menghancurkan utilitas sebagai media player berkualitas tinggi.
Winner: Xbox One S

Pricing

PS4 Pro bisa didapatkan dengan kisaran harga US $ 400 atau sekitar 5,7 juta rupiah, sedangkan Xbox One S seharga US $ 300 atau sekitar 4,7 juta rupiah . Harga akan bervariasi di beberapa wilayah, namun tetap PS4 Pro secara signifikan lebih mahal daripada Xbox One S.

Hal ini dikarenakan PS4 Pro menggunakan arsitektur grafis dengan hampir dua kali lebih kuat dari PS4, sedangkan Xbox One S hanya berfokus pada upgrade moderat dan faktor bentuk yang lebih ramping. Xbox One S mengorbankan banyak dalam hal kinerja, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau dibanding pesaingnya.
Winner: Xbox One S

Apakah saya harus upgrade?
Bagi mereka yang sudah memiliki konsol versi sebelumnya tentu akan ada pertanyaan “Apakah saya harus upgrade?"
PS4 Pro dan Xbox One S merupakan konsol permainan yang sama dengan sebelumnya, kecuali jika Anda memiliki TV beresolusi 4K  dan uang yang lebih pastinya tidak ada alasan untuk tidak meng-upgrade konsol ini.


Bagi mereka yang bertekad upgrade, saya akan merekomendasikan pemilik Xbox One untuk membeli PS4 Pro dan pemilik PS4 untuk membeli Xbox One S. Jadi anda dapat merasakan keunggulan dari masing-masing perusahaan game raksasa tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

13 Tips dan Fitur Rahasia Google Search Engine / Mesin Pencari Google

Google Search merupakan situs pencarian yang paling utama yang diciptakan oleh  Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih berstatus maha...